November 12, 2025 8:53 pm
3

Batubara– Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Batubara terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Hal ini terbukti dengan banyaknya apresiasi positif dari masyarakat terkait layanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan administrasi lalu lintas lainnya di kantor Satpas.

​Masyarakat Kabupaten Batubara menilai, proses pengurusan SIM saat ini sudah berjalan transparan, cepat, dan humanis, sesuai dengan prosedur yang ditetapkan oleh pihak kepolisian. Berbagai upaya perbaikan, termasuk penegasan tidak adanya pungutan liar (pungli) dan kemudahan proses bagi pemohon, telah dirasakan manfaatnya secara langsung.

​“Prosesnya sekarang jauh lebih mudah dan jelas. Petugasnya ramah dan sangat membantu.

Kami merasa aman dan nyaman karena tidak ada lagi calo atau biaya tambahan di luar ketentuan resmi,” ujar Johanes salah seorang pemohon SIM baru.

​Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Batubara, AKP Simon E.Simatupang, menegaskan bahwa apresiasi ini adalah motivasi bagi seluruh personel.

​”Kami terus berupaya memberikan pelayanan yang profesional dan humanis, sesuai dengan arahan pimpinan Polri. Setiap tahapan, mulai dari sambutan di loket awal hingga penyerahan SIM, wajib dijalankan dengan prinsip transparansi dan akuntabilitas,” jelasnya.

​Beberapa poin yang menjadi fokus perbaikan Sat Lantas dan langsung mendapat pujian masyarakat antara lain Petugas Selalu aktif memberikan informasi dan penjelasan lengkap mengenai persyaratan dan alur pengurusan SIM untuk menghindari kebingungan, Proses entri data, foto, dimanan segalanya dilakukan secara berurutan menggunakan sistem First In First Out (FIFO), menjamin ketertiban dan kecepatan.

​Sat Lantas Polres Batubara juga secara rutin melaksanakan kegiatan seperti “Polantas Menyapa” dan layanan SIM Keliling, sebagai wujud kedekatan polisi dengan masyarakat dan upaya menciptakan Kamseltibcarlantas (Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas) yang kondusif di wilayah Batu Bara.
​Harapannya, melalui pelayanan prima yang konsisten ini, citra Polri di mata publik semakin baik dan masyarakat pun semakin patuh terhadap peraturan lalu lintas. (DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *