Bupati Jadi Pembina Upacara Bendera SMA Negeri 1 Bangun Purba & Serahkan KTP Elektronik

 Bupati Jadi Pembina Upacara Bendera SMA Negeri 1 Bangun Purba & Serahkan KTP Elektronik

DELI SERDANG – Genewstv.id

Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menjadi Pembina Upacara Kenaikan Bendera di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kecamatan Bangun Purba, Senin (5/2/2024).

“Upacara pagi hari ini bertujuan untuk mengingatkan supaya kita cinta terhadap bangsa dan negara ini serta tanah air. Upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari Senin, kita diingatkan dengan membacakan Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, janji siswa, supaya untuk mengingatkan kembali tujuan utama kita pada upacara yang dilaksanakan setiap hari Senin,” kata Bupati dalam arahannya.

Ditegaskan Bupati, para siswa, khususnya di SMA Negeri 1 Bangun Purba merupakan calon-calon pemimpin di masa depan. “Karena kami yang di depan ini semuanya bakal digantikan oleh kalian generasi penerus masa depan. Untuk itu, kalian harus mengikuti proses dan sekarang tugas kalian adalah belajar dan belajar. Bangsa dan negara ini membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang andal, tidak membutuhkan sumber daya manusia yang tidak mau belajar,” tegas Bupati.

Bupati berharap kepada seluruh siswa SMA Negeri 1 Bangun Purba bisa menjadi orang-orang hebat, baik di Deli Serdang, Sumatera Utara, maupun di tingkat nasional.

“Untuk itu, para siswa harus mematuhi nasihat guru dan orangtua, supaya nanti menjadi orang-orang hebat di masa depan. Karena tanpa restu guru dan orangtua, kalian tidak akan bisa menjadi apa-apa,” imbuh Bupati.

Di tempat yang sama, Kepala SMA Negeri 1 Bangun Purba, Dekson SPd berharap kehadiran Bupati di sekolah yang dipimpinnya itu bisa memberi motivasi kepada seluruh guru dan siswa di SMA Negeri 1 Bangun Purba.

“Semoga kehadiran Bapak Bupati Deli Serdang menjadi motivasi bagi para guru untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan serta menjadikan siswa-siswi yang berdaya saing dan lebih maju ke depannya,” harapnya.

Baca Juga :   Warga Kabupaten Humbahas di Temukan Tewas di Kamar Hotel,Diduga Minum Racun

Pemenuhan Dokumen Kependudukan

Di akhir upacara, Bupati menyerahkan 57 keping KTP Elektronik kepada siswa SMA Negeri 1 Bangun Purba. Penyerahan KTP Elektronik tersebut bertujuan untuk menunjang dan mendukung percepatan pemenuhan hak penduduk guna memperoleh dokumen kependudukan serta mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kabupaten Deli Serdang.

Penyerahan KTP Elektronik tersebut merupakan Program Inovasi Pelayanan “Dukcapil Go To School” yang melakukan perekaman KTP-el ke sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), madrasah aliyah, baik negeri maupun swasta. Setelah perekaman, selanjutnya menyerahkan KTP Elektronik yang sudah dicetak kepada siswa yang sudah berusia 17 tahun.

Kepala Dinas (Kadis) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Deli Serdang, H Misran Sihaloho MSi menjelaskan selain penyerahan 57 keping KTP Elektronik kepada siswa SMA Negeri 1 Bangun Purba, juga dilakukan penyerahan KTP Elektronik untuk 22 sekolah, dengan total penyerahan sebanyak 1.087 keping KTP Elektronik, khususnya untuk KTP Elektronik pemula.

“Sebelumnya juga, kita (Dukcapil) telah menyerahkan KTP Elektronik untuk 14 sekolah sebanyak 618 keping. Hari ini di Kantor Dinas Dukcapil Deli Serdang akan menyerahkan KTP Elektronik untuk delapan sekolah sebanyak 412 keping. Total yang diserahkan sebanyak 1.087 dari 22 sekolah,” rinci Kadis Dukcapil.

Untuk Januari 2024 ini, lanjut Kadis Dukcapil, pihaknya terus melakukan perekaman di berbagai sekolah sampai satu hari sebelum 14 Februari 2024. “InsyaAllah untuk semua yang direkam dan sudah berusia 17 Tahun, akan dicetak KTP-nya. Bahkan, bagi mereka yang tepat berusia 17 tahun pada 14 Februari 2024 dan sudah direkam, kami akan mencetaknya pada tanggal itu juga, pagi hari sampai pukul 12.00 WIB di Kantor Dinas Dukcapil Deli Serdang di Lubuk Pakam. Dengan harapan, mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada saat itu,” papar Kadis Dukcapil.

Baca Juga :   Polres Pelabuhan Belawan Giat Patroli berasil berantas¬† ¬†10 orang kejahatan Premanisme dan pungli¬†

Menurut data, sebut Kadis Dukcapil, ada 147 orang yang genap berusia 17 tahun pada 14 Februari 2024 dan di hari itu pulalah bisa dicetak KTP Elektroniknya.

Untuk diketahui, perekaman KTP Elekteronik di Deli Sedang dari Wajib KTP Elektronik sebanyak 1.480.352 jiwa, sudah mencapai 98,68 persen. Capaian tersebut merupakan yang tertinggi untuk seluruh kabupaten/kota di Sumatera Utara.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Direktur Jenderal (Dirjen) Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dr Teguh Setyabudi MPd yang telah memenuhi kebutuhan KTP Elektronik untuk penduduk di Kabupaten Deli Serdang,” ucap Kadis Dukcapil.

Turut serta pada upacara bendera dan penyerahan KTP Elektronik tersebut, Kadis Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfostan), Christina Helen Siagian SSos; Camat Bangun Purba, Raden Mewah Ristanto SSTP beserta unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika); kepala desa se-Kecamatan Bangun Purba dan lainnya.

Reporter : Permadi Nata Negara,SH

Berita Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *