April 14, 2024 2:36 am

Percut Sei Tuan – Genewstv.id
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum Masyarakat Peduli Lingkungan (FORMAPEL) bersama Koramil dan Pemerintah Kecamatan Percut Sei Tuan Lakukan Edukasi Dan Aksi Jum’at 2/2/2024 tepatnya di Jalan Ismail Harun Desa Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang.

Dalam kegiatan tersebut,Ketua DPP FORMAPEL (R.Anggi Syahputra) mengatakan, Menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan dapat dimulai dengan edukasi dan aksi. Sampah tidak akan menjadi persoalan yang mengancam lingkungan dan kehidupan manusia jika semua orang mau dan sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan.

R. Anggi Juga menjelaskan FORMAPEL akan terus bersinergi dengan pemerintah untuk terus lakukan aksi membersihkan sampah-sampah liar yang banyak menumpuk di pinggir jalan akibat kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengelola dan membuang sampah pada tempatnya.

Lanjut Anggi,kita akan terus memberikan edukasi dan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan kepada keluarga, teman, dan lingkungan sekitar.Agar lingkungan tetap bersih dan terjaga.

Camat Percut Sei Tuan A Fitryan Sukry SS.T.P M,Si melalui Kasih kebersihan andriani Zahra menjelaskan perlu diketahui bersama permasalahan sampah saat ini merupakan salah satu masalah umum yang belum teratasi secara menyeluruh. permasalahan sampah akan memberikan dampak buruk bagi lingkungan dan bahkan dapat menimbulkan bahaya pada kesehatan mahluk hidup, apabila tidak diurus dengan baik”.jelas Zahra

Kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap persoalan sampah merupakan salah satu penyebabnya, masih banyak masyarakat yang masih sering membuang sampah  sembarangan, berbagai alasan yang dilontarkan oleh masyarakat, seperti tidak adanya tempat khusus yang disediakan oleh pihak yang berwenang, dan bahkan ketidakpedulian masyarakat terhadap rasa malas untuk membuang sampah pada tempatnya.

Pemerintah sering disalahkan terkait permasalahan sampah karena dianggap tidak dapat mengatasinya secara cepat. Namun justru terkadang masyarakat sendiri yang kurang menyadarinya bahwa permasalahan sampah ini tidak harus ditangani oleh pemerintah saja tetapi perlu juga partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam melakukan pencegahan dan pemeliharaan lingkungan agar tidak terjadi permasalahan sampah.

Dalam mengatasi permasalahan sampah, pemerintah saat ini berusaha agar dapat memberikan solusi yang tepat. Namun juga, berusaha untuk merubah pandangan masyarakat yang menganggap bahwa sampah ini hanya sebagai barang sisa yang tidak berguna lagi, justru sebaliknya sampah yang ada bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian, sehingga terbentuklah masyarakat untuk hidup bersih dan sehat dengan meminimalisir jumlah sampah yang ada.tutup R.Anggi

Reporter : Wagiono Ardiansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *