Orientasi Ketua TP PKK Desa se-Tapsel, Rosalina : Upaya Untuk Membangun dan Menata Kampung Agar Ke Depan Lebih Baik

 Orientasi Ketua TP PKK Desa se-Tapsel, Rosalina : Upaya Untuk Membangun dan Menata Kampung Agar Ke Depan Lebih Baik

TAPANULI SELATAN-Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) Ny Rosalina Dolly Pasaribu mengatakan, bahwa kegiatan orientasi bagi Ketua TP PKK Desa se-Kabupaten Tapsel bertujuan untuk membangun dan menata kampung masing-masing agar kampung atau desa ke depannya lebih baik.

“Kita bersama-sama berusaha mendorong semaksimal dan seupaya mungkin, agar bagaimana semua desa-desa yang ada di Tapanuli Selatan, sama-sama bangkit. Demi menata desanya, melalui program-program PKK,” ujar Ketua TP PKK Tapsel di sela orientasi, Senin (4/12).

Dia mengatakan, orientasi ini berlangsung dua sesi begantian. Untuk sesi pertama, diikuti Kecamatan Muara Batang Toru, Sayur matinggi, Batang Angkola, Angkola Selatan, Marancar, Angkola Muaratais, Tantom Angkola, dan Angkola Barat.

“Sedangkan untuk sesi kedua diikuti oleh Kecamatan Aek Bilah, Angkola Sangkunur, Angkola Timur, Arse, Saipar Dolok Hole, Sipirok, dan Batang Toru,” imbuhnya dalam orientasi yang berlangsung di Syakirah The View and Resto, Desa Aek Sabaon, Kecamatan Marancar.

Selain itu, Rosalina berharap kepada Ketua TP PKK Desa yang mengikuti kegiatan orientasi ini, untuk nantinya setelah dari pelatihan ini agar menjalankan seluruh program PKK. Yang nantinya akan berguna untuk kesejahteraan desa.

“Kita dalam ber-PKK, terlebih kepada para Ibu Ketua TP PKK yang mengikuti orientasi ini, harus bisa menjalankan semua program pokok PKK. Untuk kebaikan, kesehatan, dan kesejahteraan desa kita,” imbuhnya.

Rosalina menyampaikan, tujuan PKK juga untuk pemberdayaan kesejahteraan keluarga. Demi mencapai tujuan tersebut, ia mengingatkan kepada para Ketua TP PKK Desa yang mengikuti orientasi, untuk melakukan pemanfaatan pekarangan dengan penanaman Toga.

Menurutnya, memanfaatkan tanaman Toga, bisa mencapai kesejahteraan keluarga dan kembang tumbuh anak. Agar semakin baik dan menjadi lebih sehat. Supaya anak terhindar dari berbagai penyakit, khususnya stunting.

Baca Juga :   Dialog Interaktif Poldasu : Polsek Medan Barat, Masyarakat Sebagai Agen Harkamtibmas

“Karena tanaman (Toga) ini merupakan tanaman yang berperan penting dalam upaya pemberdayaan kesejahteraan keluarga,” tutup Rosalina.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tapsel Muhammad Yusuf berharap dari kegiatan ini, para Ketua TP PKK Desa bisa menjalankan 10 Program PKK Desa. Demi, pengembangan desa yang lebih baik di Tapsel.

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan orientasi ini ialah Ketua TP PKK Tapsel. Orientasi diadakan dua gelombang, yang masing-masing dilaksanakan tiga hari pelatihan.

Untuk gelombang pertama dilaksanakan mulai 30 November hingga 2 Desember 2023. Sedangkan untuk gelombang kedua, dilaksanakan mulai 4 hingga 6 Desember 2023, terangnya. (Jerri)

Berita Terkait

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *