Mei 24, 2024 2:18 am

Tebingtinggi — Genewstv.id–Plt. Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi, Drs. Bambang Sudaryono yang juga Ketua Tim Pembina Kota Sehat berharap Kota Tebing Tinggi dapat kembali meraih penghargaan Anugerah Swasti Saba kategori Wistara pada tahun 2023 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Plt. Sekda Kota Tebing Tinggi Drs. Bambang Sudaryono saat memimpin Rapat Penguatan Tim Pembina dan Lembaga Forum Kota Sehat Kota Tebing Tinggi, di Gedung Hj Sawiyah Jalan Sutomo, Selasa (11/10/2022).

Hadir sebagai narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, Dedi A. Lubis, SKM dan turut dihadiri Kadis Kesehatan Kota Tebing Tinggi dr. Muhammad Iqbal, Sp.P, para pimpinan OPD, Camat dan Lurah, Ka. Puskesmas, Kabid Kesehatan Masyarakat serta Ketua Forum Kota Sehat.

Plt Sekda Kota Tebing Tinggi Bambang Sudaryono menyampaikan, Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi daerah yang bersih, nyaman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan melalui beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Adapun tatanan penilaian Swasti Saba kategori Wistara yang perlu dipenuhi ada 9 kriteria yakni, Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri, Permukiman dan Rumah Ibadah, Pasar Rakyat, Satuan Pendidikan, Pariwisata, Transportasi dan Tertib Lalu Lintas Jalan, Perkantoran dan Perindustrian, Perlindungan Sosial, serta Pencegahan dan Penanganan Bencana.

“Pada kesempatan ini saya mengajak semua OPD untuk sama-sama bersinergi, memberikan kontribusi terbaik untuk penilaian penghargaan Kabupaten/Kota Sehat, yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Penilaian akan dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang,” harap Plt. Sekda Bambang Sudaryono.

Diungkapkan Bambang Sudaryono, untuk dapat meraih kembali Swati Saba Wistara maka mengharuskan Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan) di Kota Tebing Tinggi 100 persen. Sementara saat ini Kota Tebing Tinggi masih 80 persen yang sudah Stop BABS, dan 20 persen lagi yang harus kita tuntaskan secara cepat dan bersama.

“Kabupaten/Kota Sehat itu yang penting proses yang selama ini dilakukan, bukan penilaian hasil akhir yang dilihat. Tentu teknisnya saya yakin dan percaya bahwa semangat kita luar biasa. Ini menunjukkan niat baik dan kebersamaan,” tegas Plt. Sekda Kota Tebing Tinggi.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Tebing Tinggi, dr. Muhammad Iqbal dalam laporannya menjelaskan tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan capaian kerja dan capaian program dalam pelaksanaan tatanan kota sehat.

“Metode kegiatan hari ini adalah presentasi atau pemaparan oleh narasumber, kemudian diskusi dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab,” singkat Kadis Kesehatan.

silvi —- Genewstv.id

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *