April 14, 2024 2:38 am

Medan

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan ICITAP (International Criminal Investigative Training Assistance Program) melaksanakan kegiatan Peningkatan Kemampuan Standar Pengamanan Petugas Lapas Kelas I Medan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 5 hari mulai tanggal, Senin 19 Februari – 23 Februari 2024 dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara Mhd. Jahari Sitepu, bertempat di Aula Pengayoman Lapas Kelas I Medan. (19/02/24)

Dalam arahannya, Jahari menyampaikan bahwa untuk melaksanakan sistem keamanan di Lapas dan Rutan maka diperlukan Petugas Pengamanan yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan langkah-langkah strategis pengamanan guna mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban sekaligus untuk menjaga kondisi Lapas dan Rutan, senantiasa dalam keadaan teratur, aman, dan tenteram. Untuk dapat membentuk sosok Petugas Pengamanan dengan kompetensi seperti tersebut di atas, diperlukan sebuah penyelenggaraan pelatihan pengamanan dasar yang komprehensif dan semangat inovatif.

Jahari juga mengingatkan bahwa Pemasyarakatan harus berpegang teguh pada 3 Kunci Pemasyarakatan Maju dan Back to Basics. yakni dengan melakukan deteksi dini, berperan aktif dalam pemberantasan peredaran narkoba, serta senantiasa membangun sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.

“Mari kita jaga marwah Pemasyarakatan dengan menjaga integritas, profesional dalam melaksanakan tugas”, tutup Jahari.

Kegiatan mengundang narasumber dari Tim Dirjen Pemasyarakatan, M. Dwi Sarwono selaku Ketua Kelompok Kerja Intelijen dan Perwakilan United States Department of Justice, International Criminal Investigative Training Assistance Program, Mr. Joseph Savidge selaku ICITAP Corrections Advisor. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Divisi Pemasyarakatan Rudy Fernando Sianturi, Kepala Lapas Medan Maju Siburian, serta Pejabat dan Pegawai Lapas Medan selaku peserta kegiatan.

Sementara kegiatan hari kedua, Pada Selasa, 20 Februari 2024, dilanjutkan dengan narasumber Perwakilan United States Departement of Justice, International Criminal Investigative Training Program, Mr. Joseph Savidge selaku ICITAP Corrections Advisor didampingi Penerjemah Atas Tamba, Project Coordinator, USDOJ-ICITAP Indonesia/Kedubes Amerika Serikat di Jakarta.

Petugas Lapas Kelas I Medan tampak semangat dalam mengikuti pelaksanaan pelatihan dengan materi Pos atas, Apel WBP, Penggeledahan, Penjagaan Blok Hunian dan Penjagaan Pintu Utama (Wasrik).

Kalapas disela-sela kegiatan saat melakukan pemantauan pelaksanaan kegiatan menyampaikan rasa bangga kepada seluruh petugas.

“Saya sangat mengapresiasi semangat dan antusias petugas Lapas Medan dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan ini, saya berharap materi-materi yang diberikan dapat menjadi panduan dalam melaksanakan tugas kedinasan sehari-hari” Jelas Maju.
(Ali)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *