April 14, 2024 8:13 am

Batu Bara – Berqurban adalah wujud keta’atan dan ke ikhlasan serta keteladanan seorang hamba Allah, sebagaimana yang dilakukan Nabi Ibrahim AS bersama Putranya sebagai anak kesayangannya bernama Ismail AS.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus pada kegiatan qurban Keluarga besar Pendidikan di halaman Kantor Dinas, Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara,selasa (12/07/2022)

Ilyas yang akrab disapa ncekli menuturkan, wujud tersebut merupakan hal paling berat dan butuh keberanian sebagai umat manusia, melalui berqurban dengan hewan yang telah disyariatkan pula, dimana, manusia diajarkan untuk mengkorbankan sebagian hartanya untuk dibagikan kepada sesama.

“Manusia harus menyadari bahwa harta hanya titipan, jangan merasa memiliki, Kalaupun kaya dan berkecukupan, itu sedang diuji oleh Allah SWT pada kita, mau tidak mengorbankan sebagian harta milik nya,” tutur Ilyas.

Kepala Dinas(Kadis) Pendidikan Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus yang akrab disapa ncekli berharap keluarga besar dinas pendidikan mengambil hikmah dan memetik pelajaran dari kisah Nabi Ibrahim AS tersebut.

“Setiap kebaikan adalah sedekah, berfungsi untuk mensucikan diri dan harta, Ibadah qurban adalah amal kebaikan”,Ungkap Ilyas.

Ilyas Sitorus mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta qurban tahun ini, bisa berbagi melalui ibadah qurban, dan berdoa covid – 19 segera berakhir, sehingga tahun depan bisa ber-qurban kembali dan mengajak kawan-kawan lainnya bisa berbagi lebih banyak lagi.

“Pak Zahir, Bupati Batu Bara, selalu menghimbau setiap kesempatan kepada OPD agar selalu berbagi, kapan saja apalagi disaat suasana pandemi Covid – 19 begini, Idul adha merupakan momen untuk berbagi kepada tetangga, saudara, kerabat serta orang-orang yang membutuhkan”,Ucap Ilyas.

Sementara itu, Ketua Panitia Qurban Keluarga Besar Disdik 1443H/2022M, Sekretaris Disdik Darwinson Tumanggor ucapkan terimakasih atas kebersamaan, sehingga kegiatan baik ini dapat terlaksana dengan penuh keikhlasan dan tahun depan in sya allah bertambah jumlahnya.

Darwinson juga mengatakan bahwa hewan qurban tersebut berasal dari K3S dan MKKS serta Pengawas dan Pegawai dilingkungan Disdik Kabupaten Batu Bara berjumlah 16 ekor dan 1 ekor nya diserahkan ke Perintah Kabupaten (Pemkab).

“15 ekor disembelih di tempat ini dan semua rangkaian kegiatan tetap mengikuti prokes Covid – 19 dan Semua Hewan Qurban telah dinyatakan bebas Penyakit Mulut dan Kuku(PMK) oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batu Bara”, Jelas Darwinson.

Terlihat, Ketua Dharma Wanita Unit Disdik Roudhoh Br. Damanik, Kabid SD Basrah, Kabid SMP Danil, Kabid PNFI Syafrial, Kasi Kasubbag serta Ketua K3S, MKKS SMP, Kepala Sekolah SD dan SMP serta pengawas serta para awak media Cetak, Online maupun Elektronik.

(Silvia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *