Juli 18, 2024 6:09 pm

TAPANULI SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) patut berbangga, karena daerahnya sukses menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-39 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Tahun 2024 yang berlangsung dari tanggal 20 hingga 28 Juni 2024.

Hal itu disampaikan Bupati saat menghadiri penutupan MTQ ke-39 tingkat Provinsi Sumut di Gedung Astaka MTQ, Desa Tolang, Kecamatan Sipirok, pada Jumat (28/6) malam.

“Berakhirnya perhelatan MTQ ke-39 Tingkat Provinsi Sumut di penuhi dengan prestasi dan kesuksesan.”

Pasalnya Bupati Tapsel Dolly Pasaribu mengatakan, kesuksesan Tapsel sebagai tuan rumah MTQ ke-39 terlihat dari berbagai aspek. Pertama, pelaksanaan MTQ berjalan dengan lancar dan tertib karena itu semua berkat kerja keras panitia dan dukungan semua pihak.

Kedua, MTQ ke-39 ini diikuti 1.332 peserta kafilah dari 33 kabupaten/kota se-Sumut. Itu menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat terhadap syiar Islam. Ketiga, perhelatan MTQ ke-39 juga dimeriahkan dengan berbagai acara seperti pawai taaruf, pameran kaligrafi, dan ceramah agama, sehingga banyak masyarakat yang hadir untuk memeriahkan acara tersebut, terang Dolly.

Selain sukses sebagai tuan rumah, Tapsel juga patut berbangga dengan prestasinya yang masuk 10 besar dengan menduduki peringkat ke 9 dengan nilai 14 dari 33 kota/kabupaten se-Provinsi Sumatera Utara.

“Prestasi ini menunjukkan kemajuan pesat pembinaan qari dan qariah di Tapsel, dan menjadi bukti bahwa daerah ini memiliki potensi besar dalam mencetak qari dan qariah berprestasi di tingkat Nasional maupun Internasional,” ungkap Dolly.

Disamping itu, Tapsel juga telah menjadi sejarah karena telah dua kali berturut-turut menerima penghargaan kecamatan terbaik se-Sumatera Utara.

Adapun kecamatan itu yakni, Kecamatan Batang Toru di tahun 2022 dan Kecamatan Sipirok di tahun 2023, sedangkan di tahun 2024 ini Kecamatan Sipirok dipercaya menjadi tuan rumah MTQ ke-56 Tingkat Kabupaten Tapsel dan juga tuan rumah MTQ ke-39 tingkat Provinsi Sumut, ujarnya.

Sementara untuk pemenang MTQ ke-39 tingkat Provinsi Sumut tahun 2024, yakni untuk peringkat kesatu diduduki Kota Medan dengan nilai 91, disusul peringkat kedua diraih Kabupaten Deli Serdang dengan nilai 39 dan peringkat ketiga diraih Kabupaten Langkat dengan nilai 38, terang Dolly.

Lebih lanjut Dolly mengatakan, MTQ ke-39 ini bukan hanya sekedar ajang kompetisi membaca Al-Quran, namun menjadi momen penting untuk menyebarkan syiar Islam dan memperkuat ukhuwah Islamiyah di Sumut, ujarnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumut, Agus Fatoni yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Provsu, Muhammad Arman Efendy Pohan dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemkab Tapsel atas kerja keras dan dedikasinya dalam menyukseskan acara tersebut.

Beliau berharap MTQ ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan syiar Islam dan memperkuat ukhuwah Islamiyah di Sumut.

Disamping itu, Pj Gubsu juga menyampaikan rasa bangganya atas kesuksesan Tapsel menjadi tuan rumah MTQ ke-39. Beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tapsel yang telah mendukung dan membantu pelaksanaan MTQ ini.

Saya berharap MTQ ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga membawa manfaat bagi masyarakat Tapsel, baik dari segi perputaran ekonomi, promosi produk lokal dan pariwisata, maupun pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“MTQ ke-39 Tingkat Provinsi Sumut tahun 2024 di Tapsel telah resmi berakhir, dan meninggalkan kesan mendalam serta kenangan indah bagi semua pihak yang terlibat,” ungkap Pj Gubsu.

Semoga semangat MTQ tahun 2024 ini dapat terus terjaga dan membawa manfaat bagi kemajuan syiar Islam di daerah Tapanuli Selatan. (Jerri)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *